Latest Games :
Home » » Arti Sabuk Pada SH Terate

Arti Sabuk Pada SH Terate

Minggu, 12 Mei 2013 | 3komentar

Arti Sabuk Pada Persaudaraan Setia Hati Terate :

1} Arti Sabuk Polos/Hitam :
Sabuk polos atau hitam secara mendasar mengandung arti bahwa siswa yang berada di tingkat polos adalah siswa yang buta atau tidak mengetahui dengan baik organisasi Persaudaraan Setia Hati Terate. Warna hitam menunjukkan warna dasar dari pakaian SH Terate sehingga warna sabuk polos dapat berarti juga siswa polos adalah siswa yang baru belajar dan baru mengenal Persaudaraan Setia Hati Terate.


2} Arti Sabuk Jambon/Merah Muda :
Sabuk jambon atau merah muda secara mendasar mengandung maksud bahwa siswa yang berada di sabuk jambon adalah siswa yang mulai mengenal SH Terate dan mengenal arah yang benar. Warna jambon atau merah muda mengandung arti warna keragu-raguan, jadi sifat ragu-ragu selalu ada di siswa tingkatan jambon. Dalam berbagai sumber, jambon juga mengandung maksud adalah sifat matahari yang terbit atau sifat matahari yang terbenam, yaitu sifat yang mulai mengarah ke suatu kepastian tetapi masih dalam taraf mengantung dan belum tetap wataknya.
3} Arti Sabuk Hijau
Sabuk hijau secara mendasar mengandung maksud bahwa siswa yang berada di sabuk hijau adalah siswa yang sudah mantap/tenang hatinya. Warna hijau mengandung arti warna keadilan dan keteguhan dalam menjalani sesuatu. Sifat inilah yang di harapkan terbentuk pada siswa hijau, dimana siswa tersebut maupun berbuat adil, mulai dididik untuk madep, karep, mantep, dengan mengutamakan ajaran SH Terate.
4} Arti Sabuk Putih/Putih Kecil
Sabuk putih atau putih kecil adalah tingkatan siswa yang terakhir dalam latihan Persaudaraan Setia Hati Terate. Sabuk putih berarti bahwa seseorang yang telah mencapai tingkatan ini adalah orang yang telah mengerti arah yang sebenarnya dan telah mengetahui perbedaan antara benar dan salah. Pada tingkatan ini, seorang siswa akan menamatkan pelajaran SH Terate baik pelajaran olah kanuragan (beladiri) maupun pelajaran kerohanian/ke-SH-an. Warna putih melambangkan kesucian, oleh karena itu sifat dan watak yg diharapkan dari siswa tingkat putih adalah siswa tersebut dapat bertindak berdasarkan prinsip kebenaran, dan bersikap tenang seperti air yg mengalir.
Share this article :

3 komentar:

  1. 1. Hitam/Polos : alam dimana seorang manusia blum diciptakan.
    2.Jambon (warna darah waktu ibu melahirkan) : alam kandungan
    3.Hijau : alam dunia
    4.Putih kecil : alam penantian (barzah)

    BalasHapus
  2. tingkat tiga sabuknya apa ?

    BalasHapus
  3. putih kecil alam penantian?
    mati mksudnya hhaaha

    BalasHapus

Untuk Berkomentar :
1} Setelah anda membaca artikel ini anda wajib berkomentar
2} Komentar anda sangat saya harapkan
3} Komentar anda sangatlah penting bagi kemajuan blog kita
4} Komentar anda bagaikan berlian yang tak ternilai harganya
5} Cantumkan alamat blog anda jika anda berkomentar, nanti saya akan kunjungi blog anda

 
Support : Creating Website | Ero Ashara | DED ANO P-FULL
Copyright © 2011. TERDAMPAR - All Rights Reserved
Template Modify by Ero Ashara
Proudly powered by Blogger